3 Jenis Jasa Iklan Instagram

3 Jenis Jasa Iklan Instagram

Kehadiran media sosial Instagram, seakan jadi lahan baru untuk mengekspresikan diri hingga meraup keuntungan dari bisnis online shop. Beriklan di Instagram jadi salah satu alternatif yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan keuntungan dan omset bisnis Anda. Berikut ini 3 jenis jasa iklan instagram yang perlu Anda ketahui.

  1. Photo Ads

Photo Ads atau iklan foto merupakan iklan yang berupa foto-foto produk yang akan tampil di Instagram story Anda. Photo Ads ini merupakan iklan yang pertama kali diluncurkan oleh Instagram.

Pada iklan tersebut, Anda juga bisa menghubungkan link website atau profile instagram Anda dengan menyematkan ‘Shop Now’ atau ‘Instal Now’ dan ‘Sign Up’ Now yang biasa disebut dengan CTA (call to action).

Meski begitu, untuk menggunakan iklan Photo Ads ini, Anda harus memiliki setidaknya 10 ribu followers. Namun, kabar baiknya layanan iklan ini gratis. Sehingga Anda bisa menghemat biaya promosi untuk bisnis Anda.

Untuk hasil yang maksimal, pastikan tampilan foto yang Anda gunakan memiliki pencahayaan yang baik, dengan kualitas foto yang tinggi agar detail-detail produk terlihat jelas dan menarik calon konsumen.

Saat mengunggahnya di Instagram Story, Anda juga bisa menambahkan tulisan-tulisan singkat yang menarik minat pembeli. Misalnya ‘Limited Edition!’, ‘Grab it Fast!’, ‘Don’t Missed It!’, atau ‘New Upload’. Lalu bubuhkan juga stiker-stiker lucu yang sesuai dengan produk yang Anda jual.

  1. Video Ads

Video Ads atau iklan video ini merupakan jenis iklan Instagram berupa video yang berdurasi singkat yakni hanya berkisar 15-60 detik. Iklan video ini akan sangat  menarik pelanggan apabila video yang ditampilkan memiliki aspek atau elemen estetik sehingga membuat betah siapapun yang melihatnya.

Iklan ini cocok untuk Anda yang memiliki bisnis di bidang jasa videografi, fotografi, yang mengedepankan aspek visual lainnya. Atau Anda yang memasarkan sebuah produk dengan konsep video yang menarik juga bisa menggunakan jenis iklan ini.

Yang paling penting dalam menggunakan iklan ini ialah mencari cara-cara kreatif agar calon konsumen Anda betah menonton iklan video Anda hingga habis kemudian mengunjungi profil Anda dan menggunakan jasa Anda.

Untuk jenis iklan video ini, memiliki format video Mp4 dengan tiga rasio yakni landscape, square dan vertical. Sedangkan untuk resolusi video minimal 600 x 315 px untuk landscape, 600  x 600 px untuk square dan 600 x 750 px untuk vertical. Perhatikan juga ukuran file videonya maksimal 4GB dengan frame rate maksimal 30 fps.

  1. Carousel Ads

Jenis iklan yang selanjutnya disebut dengan Carousel Ads yang memungkinkan Anda untuk menampilkan produk 2 hingga 10 video atau foto dalam satu unggahan. Kelebihan dari jenis iklan yang satu ini ialah memungkinkan pelanggan melihat dengan rinci dan lengkap produk-produk yang Anda jual.

Sehingga menumbuhkan kepercayaan pada pelanggan untuk membeli produk Anda. Iklan ini sesuai dengan Anda yang menjual berbagai jenis produk, misalnya makanan, pakaian, hingga aksesoris.

Dan dalam satu kali posting, pelanggan bisa mendapat banyak informasi. Namun, pastikan foto-foto dan video yang Anda pilih adalah yang terbaik. Sebab, mengarahkan pelanggan untuk melihat hingga slide terakhir adalah goals dari iklan jenis ini.

Selain itu, sama halnya dengan jasa iklan instagram lainnya video dan photo ads, di carousel ads ini Anda juga bisa menambahkan informasi berupa link website, nomor whatsapp, marketplace, hingga profil Instagram Anda. Pastikan Anda mengalirkan cerita yang menarik pada unggahan Anda.


shares