Jangan Asal, Begini Cara Memandikan Bayi yang Tepat

Jangan Asal, Begini Cara Memandikan Bayi yang Tepat

Bagi setiap orang tua, memandikan bayi adalah hal yang mendebarkan dan terkadang menakutkan. Selain menjadi momen yang menyenangkan, memandikan bayi juga perlu dilakukan hati-hati agar si kecil tidak mengalami hal yang tidak diinginkan. Maka dari itulah, Anda sebagai orang tua, perlu mengetahui bagaimana cara memandikan bayi yang tepat dan benar.

Meskipun Anda merasa deg-degan dan takut kalau si kecil tidak nyaman saat mandi, ada baiknya Anda mengikuti beberapa tips di bawah ini saat memandikan si kecil.

Gunakan Air Hangat

Tidak jarang orang mengatakan kalau menggunakan air dingin untuk bayi sangat sehat bagi tubuhnya. Jangan langsung mempercayai tanggapan tersebut, karena menutur dokter anak pada umumnya, memandikan bayi yang benar yaitu memakai air hangat.

Kulit bayi masih termasuk sensitif, sehingga akan cepat kering kalau air dingin mengenai kulitnya. Nyatanya juga, memakai air dingin juga tidak akan menyehatkan untuk tubuhnya yang masih sangat rentan. Maka dari itulah, pastikan Anda memakai air hangat yang rata-rata suhunya sekitar 37 derajat Celcius.

Tidak Memakai Produk Sabun dan Shampoo yang Banyak Busa

Sekarang ini sudah sangat terlalu banyak berbagai macam produk sabun mau pun shampoo yang banyak mengandung busa atau detergen. Jika usia bayi Anda masih berumur 0 sampai 6 bulan, ada baiknya tidak memakai sabun dan shampoo yang terdapat banyak kandungan busanya.

Agar nutrisi kulit dan rambutnya tetap terjaga, Anda dapat memilih produk yang memiliki kandungan Vitamin E. Biasanya, produk dengan kandungan tersebut tidak memiliki banyak busa.

Tidak Menggunakan Sabun Antibakteri dan Antiseptik

Tidak sedikit orang tua yang memakaikan produk-produk sabun antibakteri dan antiseptik pada si kecil agar tidak mudah terkena bakteri. Namun, ada baiknya Anda menghindari penggunaannya karena sangat tidak aman untuk kulit bayi.

Anti bakteri dan antiseptik yang terkandung pada sabunnya memiliki sifat irritant, sehingga kulit bayi yang masih rentan sangat mudah terkena iritasi kulit. Pastikan Anda memilih sabun mau pun shampoo yang punya kandungan PH balance yang aman untuk kulit bayi.

Jangan Memandikan Bayi Setelah Makan

Biasanya ada orang tua yang memandikan bayinya setelah makan karena sekaligus membersihkan tubuhnya dari sisa-sisa makanan yang menempel. Namun, cara memandikan bayi tersebut sangatlah salah dan tidak dianjurkan. Sebaiknya waktu memandikannya yang tepat yaitu sebelum makan agar si kecil akan terasa lebih nyaman.

Jika Anda tetap memandikannya setelah makan, si kecil akan muntah-muntah karena adanya dorongan pada tubuhnya saat Anda membersihkan tubuhnya. Bayi yang masih berumur beberapa hari juga sangat tidak dianjurkan mandi setelah makan, ya.

Beberapa cara memandikan bayi di atas perlu Anda ikuti agar si kecil tidak mengalami hal yang tidak diinginkan. Pada awalnya pastinya Anda akan terasa tegang dan sangat berhati-hati. Namun kalau Anda sudah terbiasa memandikannya, pastinya bisa menjadi momen yang sangat seru dilakukan. Anda pun juga akan semakin dekat dengan si kecil.


shares