Pengertian skoliosis dan penangannanya

Pengertian skoliosis dan penangannanya

Skoliosis merupakan  kondisi pada bagian tulang belakang melengkung. Tulang punggung tubuh normal seharusnya melengkung di bagian atas bahu dan di bagian bawah punggung akan tetapi bila tulang belakang Anda melengkung ke samping menyerupai  huruf  S atau C kemungkinan besar penderita mengalami skoliosis. Adanya besar lengkungan, akan bertambah parah tergantung tingkatan risiko. Untuk penyebab  keadaan ini biasanya belum di ketahui. Tetapi pada keadaan ini ada kaitannya dengan faktor genetik (keturunan) dan juga kelainan otot dan saraf.

Adanya kasus dalam keadaan ini masih bersifat ringan. Namun, seiring dengan pertumbuhan dan usia, lengkungan tulang punggung akan mempengaruhi aktifitasnya karena pada tulang punggung juga lengkungan pada punggung akan memberi dampak pada kinerja paru-paru dalam hal ini pernapasan dapat terganggu.

Penderita yang memiliki Skoliosis walaupun ringan umumnya harus mengikuti kontrol rutin dengan X-ray (pemindaian) untuk melihat perkembangan lengkungan tulang punggung. Beberapa penderita umumnya anak-anak mungkin harus menggunakan alat penyangga pada punggung untuk mencegah terjadinya lengkungan semakin buruk. Satu-satunya jalan jika tidak bisa menggunakan alat penyangga penderita di sarankan untuk operasi.

Skoliosis bisa di sebut kelainan tulang belakang dapat terjadi pada hampir semua orang, ketika masih bayi maupun lansia. Tetapi, banyak kasus ditemukan pada penderita yang masih pubertas menjelang remaja sekita berusia 10-15 tahun.

Keadaan ini lebih banyak terjadi pada penderita berjenis kelamin perempuan dibandingkan laki-laki.Jenis yang oaling sering di temukan ialah skoliosis neuromuskular, di temukan pada penderita anak-anak yang menderita 20% dan 60% pada pasien anak-anak yang mempunyai sindrom mielodisplasia. Keadaan ketika tulang belakang melengkung bisa diatasi dengan cara mengendalikan faktor risiko yang ada.

Penanganan juga pengobatan untuk Skoliosis tergantung ada banyaknya faktor. Tergantung dari pertinbangan untuk jenis pengobatan yang mempengaruhi tingkat keparahannya. Beberapa faktor yang bisa mempengaruhi, antara lain:

  1. Usia
  2. Pertimbangan tubuh penderita masih masa pertumbuhan atau tidak
  3. Jumlah dan jenis lengkungan tulang
  4. Jenis skoliosis

Pada tulang yang melengkung saat masa pertumbuhan tidak menyebabkan gejala nyeri dan belum membutuhkan waktu untuk terapi. Kelainan pada tulang yang menyebabkan rasa nyeri.

Untuk pada kondisi diet bisa menjadi cara penyembuhan dokter akan memberi obat antinyeri untuk digunakan ketika nyeri.

Penanganan medis yang utama yaitu pemasangan bracing  dan operasi.

  1. Pemasangan bracing

Penderita dalam keadaan seperti  ini  disarankan dokter untuk mengenakan brace jik tubuh masih dalam tahap pertumbuhan, da  lengkungan tulang pada bagian punggung tidak  melebihi 25-40 derajat.

Brace memang tidak bisa meluruskan tulang belakang seperti semula. Namun, penyangga bisa membantu mencegah lengkungan pada punggung menjadi bertambah parah. Semakin cepat keadaan ini terlihat, penanganan akan semakin baik dalam penggunaan brace.

Penderita disarankan menggunakan brace setidaknya 16-23 jam per hari sampai lengkungan dapat berhenti. Dokter umumnya memberikan saran agar anak menggunakan brace di tubuh yang tidak dalam masa pertumbuhan. Rata-rata 70% anak dengan kondisi skoliosis penanganannya tidak dengan operasi bila sudah menggunakan alat penyangga brace.

Adapun jenis 2 jenis brace yang disebut alat penyangga, antara lain:

  • Underarm

Brace dibuat dari plastik dan cara menggunakannya dengan di tempel menyerupai tubuh penderita. Pada umumnya jenis ini digunakan sebagai salah satu cara mengatasi lengkungan tulang belakang.

  • Milwaukee

Brace jenis berikut akan dipasang pada bagian leher kecuali lengan dan kaki.

  1. Operasi

Pada operasi untuk penderita dengan perkembangan lengkungan tulang  belakang sudah melebihi 40 derajat. Tetapi, jika  skoliosis sudah sangat mengganggu aktivitas dan tidak nyaman maka  bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai  operasi.

Spinal fusion adalah prosedur operasi standar untuk bisa mengatasi tulang belakang yang melengkung pada punggung. Dalam pembedahan, dokter akan menyatukan tulang belakang di punggung dengan cangkok tulang.

Referensi:

alodokter.com

hellosehat.com

halodoc.com


shares